Minggu, 01 Maret 2015

doraemon ultah kawan

Selamat Ulang Tahun, Doraemon


13475889111052212592Hari ini 100 tahun yang akan datang adalah hari ulang tahun Doraemon. Sewashi Nobi, cucu Nobita, menciptakannya pada 3 September 2112 di Pabrik Robot Matsushiba. Dia menciptakan Doraemon untuk membantu kakeknya yang selalu mengalami kemalangan, mulai nilai yang jelek, kemalangan fisik dan menjadi bual-bualan. Doraemon yang mempunyai tinggi badan 129.3 cm dan berat badan 129.3 kg ini dikirim Sewashi dengan membawa kantong ajaib 4 dimensi yang di dalamnya terdapat lebih dari 4500 jenis peralatan dari masa depan (dogu: bhs Jepang). Peralatan paling populer adalah baling-baling bambu dan pintu kemana saja. Ada kalanya juga Doraemon tidak dapat memenuhi peralatan yang diambil dari abad ke-22 tersebut karena terlalu mahal. 

Pada umumnya jalan cerita kisah Doraemon ini diawali dari Nobita yang menangis sepulang sekolah karena masalah yang dihadapinya di sekolah atau di lingkungan sekitarnya. Setelah mendengar keluhan Nobita, Doraemon selalu memberikan nasehat yang baik. Namun dasar Nobita, ia tak pernah merasa cukup dan sering mencari jalan pintas untuk masalah yang sedang dihadapinya itu. Lalu merengeklah Nobita dan Doraemon terpaksa menolongnya dengan menggunakan peralatan-peralatan dari masa depan yang diambil dari kantong ajaibnya. Dasar Nobita lagi, selalu saja timbul masalah ketika peralatan tersebut digunakannya. Tak jarang peralatan tersebut dicuri dan disalahgunakan oleh teman-temannya, terutama Suneo dan Gian. Bagaimanapun, cerita selalu berakhir dengan bahagia dan menjadi pelajaran moral. Banyak sekali pesan moral dalam komik maupun film Doraemon ini, seperti kejujuran, ketekunan, keberanian, cinta keluarga dan hormat kepada yang lebih tua. Tak luput isu-isu lingkungan dan ilmu pengetahuan juga menjadi pendidikan bagi pembaca/pemirsanya seperti binatang yg tidak punya rumah, pemanasan global, binatang berbahaya, penggundulan hutan, polusi, dinosaurus, lubang hitam di luar angkasa dan juga budaya Jepang sendiri.

Doraemon berasal dari kata dora dan emon. Dora sendiri berarti kucing liar dan emon adalah imbuhan nama untuk laki-laki pada jaman dahulu yang sekarang jarang digunakan lagi (mis, Goemon - nama samurai jaman dulu, dll). Robot Doraemon awalnya berwarna kuning. Namun karena telinganya digerogoti robot tikus, ia mengalami depresi yang hebat sampai-sampai meminum ramuan “kesedihan” sambil menangis yg menyebabkan warna tubuhnya luntur menjadi biru. Oleh karenanya, Doraemon menderita phobia tikus berkepanjangan. Fujiko Fujio menciptakannya pada tahun 1969 ketika ceritanya mulai diterbitkan di 6 majalah sekaligus. Fujiko Fujio sendiri bukanlah nama orang, namun nama duo-kartunis Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko yang mulai berpartner sejak 1951. Namun sayangnya duo ini akhirnya pecah pada tahun 1987, dan ketika Hiroshi Fujimoto meninggal pada tahun 1996, mereka belum sempat mendiskusikan akhir cerita Doraemon.

Doraemon mendapatkan kehormatan menjadi satu dari 22 pahlawan Asia oleh majalah TIME pada 22 April 2002. Pada tahun 2008, Kementerian Luar Negeri Jepang menugaskannya sebagai duta budaya karena hampir dikenal oleh semua orang. Doraemon juga dijadikan maskot salah satu perusahaan jasa pindahan di Jepang - Hikkoshi Art Center. TV Asahi yg menyiarkan kartun Doraemon sejak 2005 masih sering menyiarkannya sampai tahun 2009, namun sekarang sudah jarang menemui serial film Doraemon di TV lokal. Film Doraemon terbaru lebih sering dijumpai di layar lebar daripada serial TVnya. Jika ada penggemar Doraemon yang sedang atau akan pergi ke Jepang, mampirlah ke Taman Bermain Doraemon di kota Takaoka dimana anda bisa bertemu dengan Doraemon dan teman-temannya (terfel.net).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar